Breaking News

Jatah Bagasi Lion Air, Batik Air, Wings Air, Ketentuan dan Biaya Kelebihannya

Bagasi Lion Air, Ketentuan dan Biaya Kelebihannya




Lion Air Group adalah maskapai swasta terbesar di Indonesia yang beroperasi sejak tanggal 30 Juni 2000. Maskapai yang terkenal dengan penerbangan murahnya ini memiliki beberapa anak perusahaan, yaitu Lion Air, Wings Air, dan Batik Air.

Jatah Bagasi Lion Air




Jika sebelumnya maskapai Lion Air memberikan jatah bagasi gratis sebesar 20 kilogram untuk kelas ekonomi kepada penumpangnya, mulai tanggal 8 Januari 2019 jatah bagasi gratis ini dihapuskan untuk rute domestik. Dengan kata lain, penumpang diwajibkan membayar tarif bagasi yang bisa dibeli baik melalui agen perjalanan, situs Lion Air, atau kantor penjualan tiket Lion Air Group. Tarif bagasi untuk setiap rute penerbangan tidak sama.
Perlu dicatat bahwa pembelian bagasi dapat dilakukan setelah tiket diterbitkan dan paling lambat dilakukan 6 jam sebelum keberangkatan. Jika dilakukan setelah itu, maka penumpang harus membelinya di bandara dengan harga yang lebih mahal. Namun penumpang masih mendapat jatah bagasi kabin 7 kilogram secara gratis. Sementara untuk penerbangan Internasional, masih mendapatkan jatah bagasi seberat 20 kg.

Jatah Bagasi Batik Air




Ketentuan bagasi gratis yang diberikan Maskapai Batik Air tidak berbeda jauh dengan Lion Air. Untuk rute domestik, Batik Air membuka konter check-in 2 jam sebelum waktu keberangkatan. Konter check-in akan ditutup 30 menit sebelum keberangkatan.
Untuk penerbangan internasional, konter check-in akan dibuka 2,5 jam sebelum berangkat dan ditutup 45 menit sebelum keberangkatan. Demi kelancaran penerbangan, Maskapai Batik Air menutup gerbang keberangkatan serta mengakhiri proses boarding 15 menit sebelum keberangkatan.
Jatah bagasi gratis Batik Air yang diberikan untuk rute penerbangan domestik dan internasional sama. Untuk Kelas Ekonomi, bagasi gratis yang diberikan adalah 20 kg + 7 kg kabin.

Jatah Bagasi Wings Air




Jika kamu terbang bersama Wings Air, sebaiknya datang untuk check-in 2 atau 1 jam lebih awal sebelum waktu keberangkatan. Soalnya, 45 menit sebelum terbang, konter check-in sudah ditutup. Bila tidak melakukan check-in atau terlambat, penumpang tidak bisa ikut terbang dan dianggap telah membatalkan penerbangan.
Wings Air hanya menyediakan satu kelas penerbangan saja, yakni Kelas Ekonomi. Sama seperti Lion Air, per tanggal 8 Januari 2019 bagasi terdaftar yang semula diberikan Wings Air maksimal 10 kg resmi dihapuskan. Penumpang yang membawa barang di luar bagasi kabin seberat 7 kg dapat membeli prepaid baggage (bagasi dibayar di muka) melalui agen perjalanan, situs Lion Air, atau kantor penjualan tiket Lion Air Group. Pembelian bagasi ini dapat dilakukan maksimal 6 jam sebelum jam keberangkatan.
Perlu dicatat untuk bagasi kabin Wings Air yang diizinkan adalah 7 kg dengan dimensi 40 x 20 x 30 cm. Ini berlaku untuk semua rute penerbangan. Wings Air tidak menyediakan jatah bagasi untuk bayi yang usianya di bawah 2 tahun dan check-in gratis. Bila Anak-anak telah berusia di atas 2 tahun, jatah bagasi yang diberikan sama dengan penumpang dewasa.







No comments